LOve it BANANA


One banana can contain aroud 500 milligrams of potassium, providing powerful protection for your heart. Potassium helps your body prevent high blood pressure. Be sure to eat a banana today!
Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.
Sejarah
Dalam setiap 100 gr buah pisang terkandung kira-kira 90 kalori, sehingga sangat cocok untuk membantu bagi orang yang sedang melakukan program diet, karena kandungan lemak didalam pisang cukup kecil. Namun untuk mereka yang ingin gemuk pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi,  dengan mengkonsumsi 3-5 pisang per hari serta  dibantu dengan minum susu atau yoghurt. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam pisang dua kali lebih banyak dari pada yang terdapat pada buah apel, tidak hanya itu kandungan vitamin A nya lima kali lipat dari apel.
Budidaya pisang diyakini pertama kali dilakukan di dataran tinggi Papua Nugini.Bukti tertulis paling awal tentang keberadaan pisang ditemukan dalam tulisan-tulisan Buddhis Pali dari abad ke-6 SM, yang menunjukkan bahwa buah tersebut telah mencapai India saat itu.Pisang juga disebutkan dalam berbagai kitab-kitab kuno Hindu, Cina, Islam, Yunani, dan Romawi.Pada awalnya, pisang berwarna merah dan hijau. Pisang pada masa kini merupakan hasil mutasi yang dilakukan oleh Jean Francois Poujot pada tahun 1836 di Jamaika.
            Pada tahun 327 SM, Alexander Agung dan pasukannya menemukan pisang selama ekspedisi mereka ke wilayah Laut Tengah.Kemudian, dengan bantuan penakluk Islam, pisang mencapai Madagaskar dan Palestina.Pisang kemudian melanjutkan perjalanan melalui pelaut Portugis yang membawa pisang ke Eropa dari Afrika Barat pada awal abad ke-15.Pada tahun 1482, pisang dibawa oleh para penjelajah Portugis ke Canary Island dan Hindia Barat.Penjelajah Portugis dan Spanyol juga berjasa menyebarkan pisang ke kawasan Karibia dan Amerika.China adalah wilayah pertama yang melakukan budidaya pisang secara terorganisir.
       Bukti budidaya pisang juga ditemukan di kekaisaran Romawi selama tahun 63-14 SM. Antonio Musa, dokter Kaisar Romawi Octavius Agustinus adalah orang yang mendorong budidaya pisang di kekaisaran Romawi.Orang Amerika Serikat tidak mengenal pisang sampai tahun 1870. Pisang diperkenalkan kepada masyarakat Amerika hampir pada saat bersamaan oleh dua orang yang berbeda yaitu Lorenzo Dow Baker dan Minor Keith.Lorenzo adalah seorang kapten laut yang berkunjung ke Jamaika dan menjadi tertarik dengan buah kuning yang dijual di pasar.Karena penasaran, dia membeli beberapa tandan pisang mentah dan menjualnya di pasar buah New Jersey.Pada saat yang sama, Minor Keith, yang membangun jalan kereta api di Kosta Rika, menanam pohon pisang di dekat jalur kereta api.
         Ketika pembangunan jalan kereta api selesai, pisang yang sudah matang diangkut ke pelabuhan dengan kereta api dan kemudian diekspor ke Amerika.Segera, pisang menjadi makanan populer di Amerika Serikat.Saat ini, pisang dibudidayakan di lebih dari 170 negara dan memainkan peran penting dalam perekonomian negara-negara berkembang.


KANDUNGAN GIZI
Principle
Nutrient Value
Percentage of RDA
Energi
90 Kcal
4.5%
Karbohidrat
22.84 g
18%
Protein
1.09g
2%
Total Lemak
0.33 g
1%
Dietary Fiber
2.60 g
7%
Vitamins
Folat
20 µg
5%
Niacin
0.665 mg
4%
Asam pantotenat
0.334 mg
7%
Pyridoxine
0.367 mg
28%
Riboflavin
0.073 mg
5%
Thiamin
0.031 mg
2%
Vitamin A
64 IU
2%
Vitamin C
8.7 mg
15%
Vitamin E
0.10 mg
1%
Vitamin K
0.5 µg
1%
Elektrolit
Sodium
1 mg
0%
Potassium
358 mg
8%
Minerals
Kalsium
5 mg
0.5%
Tembaga
0.078 mg
8%
Besi
0.26 mg
2%
Magnesium
27 mg
7%
Mangan
0.270 mg
13%
Fosfor
22 mg
3%
Selenium
1.0 µg
2%
Zinc
0.15 mg
1%
Phyto-nutrients
Karoten-α
25 µg
Karoten-ß
26 µg
Lutein-zeaxanthin
22 µg


Beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan:

  • Merupakan sumber tenaga
  • Sumber vitamin dan serat
  • Membantu mengatasi masalah BAB
  • Asupan oksigen ke otak menjadi lancar, pisang kaya akan potasium yang berfungsi meperlancar sirkulasi oksigen ke otak.
  • Mencegah terjadinya gangguan di pembuluh darah di kepala, dengan mengkonsumsi banyak buah pisang maka dapat mencegah terjadinya gannguan pembuluh darah di kepala seperti stroke ataupun darah tinggi.
  • Mencegah sakit maag, pisang mengandung zat yang dapat menangkal zat asam di dalam lambung sehingga cocok untuk yang sakit maag.
  • Mengatasi nyeri haid, masalah seperti nyeri di perut atau keram pada saat datang bulan bagi wanita dapat dikurangi dengan makan buah pisang.
  • Membuat mood lebih baik, makan pisang ternyata dapat meningkatkan mood sehingga suasana hati menjadi lebih baik dan stabil.
  • Membantu dalam program diet.
  • Menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A
  • Menjaga kesehatan ginjal.
  • Menjaga kesehatan kulit menjadi lebih sehat dan segar.
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Selain isi buah pisang yang bermanfaat, Kulit pisang juga ternyata sangat bermanfaat buat kesehatan terutama untuk masalah gannguan pada kulit, gunakan kulit buah pisang bagian dalam lalu oleskan atau gosok-gosokkan dengan lembut kebagian kulit yang bermasalah secara rutin, beberapa masalah kulit seperti Jerawat, Psoriaris, Gatal dan iritasi, Mempercantik kulit, Kutil, Luka, Gatal karena gigitan nyamuk

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pisang


Komentar

Postingan Populer