Tomato

Tomatoes | by Laura (The first mess)


Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.
Kata "tomat" berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomat

1. Sejarah
 Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith "The Tomato in America", tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.

2. Jenis dan karakter
Terdapat ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan dan diperdagangkan. Pengelompokan hampir selalu didasarkan pada penampilan atau kegunaan buahnya.
Berdasarkan penampilan. Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.
Dari ukuran dan bentuk orang mengenal kelompok tomat
granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar 'Gondol Hijau' dan 'Gondol Putih', dan keturunan dari kultivar impor 'Roma') dan termasuk pula tomat buah,
sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan
ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Ciri - ciri tumbuhan tomat sebagai berikut :

1. batang berkayu
2. tergolong tumbuhan dikotil
3. daunnya menyirip menjari
4. biji berkeping dua
5. mempunyai kambium
6. buahnya berbentuk bulat
7. berwarna merah  


3.Kandungan gizi 
Kandungan tomat yaitu memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi di bandingkan dengan jeruk, berdasarkan penelitian diketahui bahwa tanaman tomat yang berwarna merah sarat akan kandunga Vitamin C dan Vitamin A.Semakin makan buah tomat kandungan vitaminpun semakin banyak. tomat tidak hanya kaya akan Vitamin A dan C saja.ternyaa buah tomat juga mengandung Lycopene, yaitu semacam anti oxidan yang sangat berguana untuk menghancurkan radihkal bebas akibat polusi kendaraan , asap rokok dan zat berbahaya laiinnya yang masuk ke dalam Tubuh.




 Berdasarkan kegunaan :
Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.

Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikan

Seperti blogbintang.com kutip dar Us Daily Insights, manfaat dan khasiat tomat untuk kecantikan dapat mengobati jerawat, menghaluskan wajah, mengurangi komedo dan juga mencerahkan kulit.

Menghaluskan wajah
Anda cukup meletakkan air jus tomat pada wajah. Sementara itu, untuk mencerahkan kulit, gunakan satu buah tomat yang telah dihancurkan.

Mengobati Jerawat
Rebus tomat, lalu potong-potong. Gosokkan potongan tomat pada bagian yang berjerawat. Diamkan sepuluh menit, bilas wajah dengan air. Lakukan rutin sampai jerawat hilang.

Mengurangi Komedo
Tomat juga berguna untuk mengurangi komedo. Caranya, haluskan tomat dan campur dengan madu. Sebarkan campuran pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Tidak seperti sayuran lainnya, manfaat tomat tidak berkurang ketika dimasak. Sebaliknya, malah disarankan agar tomat diolah terlebih dahulu. Zat yang terkandung dalam tomat bermanfaat untuk menghancurkan radikal bebas ketika dimasak.
Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Sedangkan untuk Kesehatan yang juga dikutip dari Us Daily Insights

Mencegah Kanker
Likopen yang terkandung dalam tomat juga akan lebih bekerja setelah diproses. Likopen bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang memicu kanker rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. Selain itu dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi hati dan serangan empedu. Cairan kuning pada bibit tomat juga baik untuk mencegah pembekuan darahpenyebab stroke dan penyakit jantung.

by : http://buahan-sehat.blogspot.co.id/2014/04/kandungan-gizi-dan-pengertian-tomat.html

Komentar

Postingan Populer